-->

Sunday, May 28, 2017

Tweeter untuk Rumah Walet dan penataannya

Speaker tweeter adalah jenis loudspeaker khusus , yang dirancang untuk menghasilkan frekuensi audio yang tinggi, biasanya dari sekitar 2.000 Hz sampai 20.000 Hz (umumnya dianggap sebagai batas atas pendengaran manusia). Tweeter khusus bisa mengantarkan frekuensi tinggi hingga 100 kHz dan dapat menciptakan medan suara yang lebih realistis, yang sering ditandai sebagai "airy-ness". 
Suara  bersih dan tajam  yang di hasilkan oleh tweeter serta pemakain daya yang kecil membuat tweeter sangat cocok di gunakan sebagai salah satu alat penunjang untuk memanggil walet.Tiruan suara walet yang di hasilkan oleh amplifier alat panggil walet dan di teruskan oleh tweeter akan terdengar hampir sempurna dengan suara asli  burung walet.

Banyaknya jumlah tweeter yang di gunakan pada sebuah rumah walet di tentukan oleh besarnya ukuran bangunan rumah walet tersebut.sebagai contoh sebuah rumah walet berukuran 4m x 6 m  lantai 3 minimal di perlukan 60 buah tweeter,45 buah untuk tweeter inap(15 buah/lantai),sisanya untuk suara lubang masuk antar ruangan(suara tarik dalam) dan untuk suara panggil luar pada lubang masuk burung(LMB).

Dalam hal penataan peletakan tweeter inap pada papan sirip tidak terlalu sulit,atur sedemikian rupa hingga suara yang di hasilkan merata dan seimbang dalam ruangan,hindari letak tweeter saling berhadapan dan semua tweeter menghadap ke lubang masuk antar lantai.Usahakan tweeter jejer pinggir di pasang pada sudut papan sirip ,di maksud kan untuk memancing walet walet cepat menginap karena salah satu kebiasaan walet  senang menginap pada sudut papan sirip.
Rapikan kabel serapi mungkin dan gunakan kabel yang berkualitas agar suara yang di hasilkan tweeter maksimal. 

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post