-->

Saturday, July 22, 2017

Cara Mencegah Burung Hantu masuk Rumah walet

Salah satu penyebab walet walet yang sudah menginap kabur adalahadanya hewan pengganggu masuk kedalam rumah walet.Diantara hewan pengganggu itu adalah burung Hantu.

Burung hantu adalah salah satu hewan pemakan daging,burung ini mencari makan pada malam hari dan beristirahat di siang hari,sarasan makanan mereka tikus,katak,dan hewan kecil lain yang keluar di malam hari.Areal persawahan dan perkebunan menjadi daerah perburuan mencari makan burung ini.Disisi lain kehadiran burung hantu ini membantu para petani menjaga tanaman padi dari hama tikus tapi bagi petani walet merupakan masalah jika Burung tersebut memasuki rumah walet.

Banyak sudah kasus di temui rumah yang di masuki burung walet menjadi tersendat perkembangan populasi waletnya bahkan ada rumah walet yang burung waletnya kabur dan jera datang kerumah walet tersebut setelah di datangi oleh burung hantu.Sebagai hewan pemakan daging burung hantu juga menyukai walet untuk di jadikan makanannya. 

Biasanya burung hantu masuk ke rumah walet pada sore menjelang malam,burung tersebur terpancing dengan kerumunan walet yang berputar putar di rumah walet sebelum masuk ruangan,saat itulah biasanya burung hantu sering datang.banyaknya walet yang berputar di sekitar rumah walet memudah kan sang predator ini menyambar dan menangkapnya.Jika ini terjadi maka burung hantu tersebut akan datang lagi dan berusaha masuk ke rumah walet tersebut,untuk memangsa burung burung walet yang di dalam .

Jika hal ini di biarkan dapat mengakibatkan punahnya penghuni rumah walet tersebut,dan yang lebih parah lagi burung walet lain jadi takut untuk mendekati rumah walet itu.

Untuk mencegah masalah di atas tersebut berikut cara praktis mencegah burung hantu masuk rumah walet.Cara ini banyak di terapkan dan sudah terbukti sukses cegah burung hantu masuk.

Burung hantu tidak menyukai cahaya terang oleh karena itu pasangilah lampu 5 watt atau setara di atas Lubang Masuk burung

Beri jarak antara lampu dengan lubang masuk burung sekitar 50cm,nyalakan lampu tersebut jam 17.30 dan padam jam 04.30 gunakan Timer otomatis untuk mengendalikan lampu tersebut.

Bagi rumah walet yang tidak ada Listrik Pln nya gunakan lampu LED berdaya rendah (Arus DC) yang banyak di jual di pasar .Pemasangan lampu di dekat lubang masuk burung tidak membuat walet takut,dan sangat efektif  mencegah burung hantu masuk rumah walet.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post