-->

Tuesday, July 18, 2017

Jumlah Tweeter untuk rumah walet

Speaker tweeter  adalah jenis loudspeaker khusus yang dirancang untuk menghasilkan frekuensi audio yang tinggi, biasanya dari sekitar 2.000 Hz sampai 20.000 Hz (umumnya dianggap sebagai batas atas pendengaran manusia). Tweeter khusus bisa mengantarkan frekuensi tinggi hingga 100 kHz. Nama tweeter itu sendiri berasal dari suara bernada tinggi yang dihasilkan oleh beberapa jenis burung,

Bagi sebuah rumah walet tweeter merupakan perlengkapan yang vital (harus ada),yang berfungsi mengeluarkan suara tiruan dari burung walet.Frekuensi yang tinggi dihasilkan dari tweeter membuat burung terpancing mendekati dari mana asal suara tersebut.

Dalam sebuah rumah walet di butuhkan cukup banyak tweeter untuk suara panggil di Lubang Masuk Burung,untuk suara tarik dalam dan untuk suara inap yang berada menempel di papan sirip.Pemakain tweeter untuk suara inap walet membutuhkan  jumlah yang cukup banyak tergantung besarnya ruangan dan atau banyaknya papan sirip dalam ruangan tersebut.Semakin banyak tweeter yang di gunakan pada tahap pemancingan semakin baik,di lihat dari senangnya walet menempel pada tweeter ketika berada di dalam ruangan,bahkan menurut beberapa sumber walet  walet yang masuk pada rumah walet akan mencari dan menempel pada papan sirip dimana yang ada tweeternya.

Dari keterangan di atas dapat kita simpulkan bahwa semakin banyak tweeter yang kita pasang di ruangan rumah walet tentunya semakin baik,tetapi harus juga kita ingat dan kita perhitungkan lagi pemakain tweeterYang banyak di samping memerlukan biaya semakin besar juga di perlukan catu daya yang besar bagi audio player yang kita gunakan,semakin banyak tweteer semakin besar beban watt yang harus di keluarkan oleh mesin panggil walet kita.penggunaan beban yang berlebihan membuat kualitas suara yang di keluarkan dari alat panggil walet menjadi kurang maksimal dan daoat berdampak buruk bagi populasi walet di Rumah walet kita.

Saran penulis gunakan tweeter secukupnya dan sesuaikan dengan keluaran watt pada mesin panggil walet kita.sebagai gambaran berapa jumlah tweeter yang di perlukan pada rumah walet berikut  keterangannya yang di ambil dari rumah walet teman saya dan sudah berhasil menginapkan walet serta membuat sarang yang cukup banyak.
Ukuran rumah 8x12 Meter 3 tingkat, banyaknya tweeter yang di gunakan 25 buah tweeter untuk setiap tingkat ruangannya,tweete tarik dalam 6 buah tweeter, 4 buah untuk 2 lubang masuk burung total tweeter yang di gunakan 85 buah tweeter menggunakan mesin panggil walet merk piro yang kecil.
Pada 5 bulan pertama aktif ada 5 buah bakal sarangwalet yang sudah terlihat. dan 3 bulan selanjutnya terlihat  bertambah jumlah sarangnya.
waletnya.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post