-->

Sunday, July 16, 2017

Mengenal Ikan Arwana Merah Asli Kapuas Hulu

Ikan  Red Arwana (Scleropages formosus), atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Indonesia tepatnya di Kalimantan barat Kabupaten Kapuas hulu. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Ikan Arwana umumnya memiliki warna merah keemasan.Ikan ini juga disebut "Ikan Naga" karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa.

Ikan Red Arwana adalah spesies asli sungai-sungai di kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat,Indonesia. Ada empat varietas warna yang terdapat berdasarkan lokasi lokasi yaitu :
Hijau, ditemukan di  Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia
Emas dengan ekor merah, ditemukan di  Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Ikan Arwana merah terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus "terancam punah" oleh IUCN tahun 2004. Jumlah spesies ini yang menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh masyarakat Asia. Pengikut Feng Shui dapat membayar harga yang mahal untuk seekor ikan ini.

Arwana adalah ikan bertulang air tawar dari keluarga Osteoglossidae, juga dikenal sebagai bonytongues.Arwana sebenarnya termasuk jenis ikan purba yang hingga kini belum punah,lantaran Budidaya ikan ini dikembangkan oleh banyak warga di kabupaten Kapuas Hulu Demi pelestarian populasi arwana merah.

Banyak nama yang melekat padanya, diantaranya ikan siluk, ikan kayangan, ikan kalikasi, dan ikan kelasa.Secara morfologis (ciri-ciri fisik), badan dan kepala arwana agak padat.Tubuhnya pipih dan punggungnya datar, hampir lurus dari mulut hingga sirip punggung.Garis lateral atau gurat sisi yang terletak di samping kiri dan kanan tubuh arwana panjangnya antara 20–24 cm. 

Bentuk mulutnya mengarah keatas dan mempunyai sepasang sungut pada bibir bawah. Ukuran mulutnya lebar dan rahangnya cukup kukuh. Giginya berjumlah 15-17.Bagian insangnya dilengkapi dengan penutup insang. Letak sirip punggungnya berdekatan dengan pangkal sirip ekor (caudal). Sirip anusnya lebih panjang daripada sirip punggung (dorsal), hampir mencapai sirip perut (ventral). 

Panjang arwana dewasa sangat variatif, antara 30–80 cm. Bentuk badannya gepeng dan bersisik besar meliuk-liuk indah saat berenang di akuarium.Ditambah tumbuhnya dua sungut di ujung bibir bawah membuat ikan ini mirip liong atau naga. Karena itu, tidak mengherankan jika sebagian masyarakat menyebutnya dengan kimliong atau ikan naga emas.Layaknya naga, arwana juga dianggap sebagai simbol keberhasilan, keperkasaan, dan kejayaan.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post