-->

Tuesday, July 25, 2017

Rahasia sukses rumah walet

Salah satu usaha yang cukup menjanjikan adalah budidaya walet rumahan.Usaha ini merupakan usaha jangka panjang yang jika kita kelola secara serius dapat menghasilkan uang cukup banyak dalam setiap bulannya.Banyak sudah para pemilik rumah walet memperoleh puluhan juta rupiah perbulannya dari hasil sarang yang di buat oleh sang walet.Memang untuk memulai usaha ini di butuhkan modal yang lumayan besar,akan tetapi hasil kedepannya sangat menjanjikan sebanding dengan modal yang kita keluarkan.

Rumah walet yang kita bangun untuk budidaya walet haruslah benar benar kita kelola secara profesional agar hasilnya nanti seperti yang kita harapkan.

Berikut ini beberapa kunci agar suksesnya sebuah rumah walet.
Design rumah walet,ini sangat penting bagi kesuksesan memikat walet agar mau menginap dan membuat sarang.gunakan design rumah walet mengikuti designnya orang yang sudah berhasil dalam budidaya walet rumah atau cari secara online dan pilih yang sederhana saja,jangan pilih design yang terlalu rumit.Perencanaan design rumah walet sangat penting agar setelah rumah walet aktif jangan ada renovasi dalam ruangan rumah walet.

Pilih lokasi yang cocok seperti areal persawahan,lokasi tanah lapang dsb,usahakan yang berdekatan dengan lokasi rumah kita agar mudah dalam memantaunya.

Buat rancangan ruangan agar tercipta suhu ruang yang ideal untuk populasi walet,dengan mengatur letak lubang ventilasi sedemikian rupa,
Gunakan bahan yang kayu yang tidak menyebabkan atau  menimbulkan bau dan getah dalam waktu yang lama,terutama untuk papan siripnya.

Antara papan sirip berilah sekat sehingga tercipta seperti kotak  terbuka  hal ini dapat membantu menciptakan tempat rasa aman bagi walet dalam membuat sarang dan beranak pinak.

Setelah bangunan selesai rencanakan dulu penataan speaker(tweeter ) dalam ruangan rumah walet baik itu tweeter inap di papan sirip atau tweeter tarik pada lubang masuk ruangan dan lubang masuk antar lantai ruangan serta tweeter untuk panggil luar yang berada di lubang masuk burung. Saat pemasangan tweeter  lakukan sesuai dengan yang di rencanakan.

Pilih perangkat audio system yang sudah terbukti kemampuannya baik itu audio playernya,tweeter untuk ruangan atau tweeter untuk panggil luar.kesemua perlengkapan audio tersebut  memegang peranan akan keberhasilan budidaya walet rumah.

Gunakan baskom atau bak untuk menampung air yang berfungsi mengatur suhu ruangan rumah walet di setiap ruangan juga pada ruang rumah monyet.
Suhu ideal berkisar 26-29°C

Persiapkan suara walet yang akan di gunakan,pilih yang memiliki suara jernih dan cocok untuk walet di daerah lokasi rumah walet anda.
Setelah semua siap,jangan terburu mengaktifkannya tunggu beberapa hari barulah rumah walet tersebut di aktifkan.

Pantau terus dalam beberapa hari respon walet yang datang berkunjung,biasanya pada awal pengaktifan walet banyak yang datang berkunjung keluar masuk pada rumah walet tersebut.

lihat dalam 1 minggu jika walet tetap ada yang berkunjung keluar masuk rumah walet itu Pertanda rumah walet yang kita bangun di senangi oleh walet baik itu kondisi ruangannya ataupun suara walet yang kita gunakan biarkan dalam satu bulan barulah kita masuk untuk melihat apakah ada tidaknya walet yang bermalam(menginap)

Jika setelah aktif walet semakin hari semakin sedikit bahkan tidak ada yang berkunjung periksa kembali kondisi ruangan rumah walet,terutama suhu ruangnya dan bau bahan rumah yang masih baru belum hilang.untuk menghilangkan bau anda cukup gunakan farfum walet yang banyak di pasaran
Jika di ruangan rumah anda merasa kondisinya sudah benar ganti suara panggil luar dan amati dalam seminggu selanjutnya.



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post