-->

Monday, September 4, 2017

Rumah Monyet Untuk rumah walet

Kebanyakan rumah walet yang ada dan sukses merumahkan walet dilengkapi rumah monyet. kehadiran rumah monyet sangat membantu memancing walet masuk, terutama walet muda. 

Ruangan rumah kubus ini sebutan lain rumah monyet  berfungsi untuk memancing walet muda yang baru belajar terbang agar mau datang dan masuk ke bangunan walet baru. Walet muda yang belum lincah dan gesit terbang itu akan memilih rumah yang memiliki posisi lubang masuk lebih tinggi lantaran gaya terbang walet muda cenderung lurus ke depan,  belum pas dalam bermanuver seperti walet dewasa. 

Kehadiran  rumah monyet juga berperan penting pada rumah walet yang berada di daerah padat bangunan walet. Rumah monyet  yang menjulang itu membuat penampilan rumah walet secara keseluruhan menjadi lebih tinggi dibandingkan bangunan walet lain. Itu akan mempermudah bagi walet muda untuk masuk.

Rumah monyet dibuat layaknya bangunan rumah walet dan  dibuatkan lubang masuk  burung 1 atau 2 lubang masuk burung.   Lubang masuk yang banyak dapat  membuat sinar matahari lebih banyak masuk dan akan mengganggu walet untuk bersarang di bangunan utama. 

Ukuran lubang masuk bervariasi bergantung kepada si empunya rumah walet. rata-rata ukuran lubang masuk rumah monyet minimal 50 cm x 30 cm. Namun, ada pula yang memakai ukuran 100 cm x 30 cm. Intinya  ukuran lubang masuk burung itu harus cukup nyaman bagi burung walet keluar dan masuk.Untuk terciptanya suasana sejuk di sarankan memberi baskom atau bak yang berisi air pada lantai dalam ruangan Rumah monyet,burung walet menyukai suasana sejuk.

letak rumah monyet paling baik secara berurutan adalah di depan, tengah, dan belakang dari bangunan itu. Tapi harus dilihat kondisi sekelilingnya, apakah ada bangunan walet lain atau tidak. Kalau tidak posisi paling bagus di depan,Ukuran ruang rumah monyet bervariasi  dengan catatan tidak boleh menyamai luas lantai teratas

Dari beberapa pengalaman di lapangan kehadiran rumah monyet dapat  secara cepat meningkatkan populasi walet di rumah walet.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post