-->

Monday, December 25, 2017

Membuat alat putar telur ikan arwana merah

Salah satu upaya meningkatkan hasil anak ikan arwana di kolam budidaya arwana adalah dengan cara menetaskan telur arwana dengan sistem putar telur.sistem putar telur di maksudkan agar telur yang di erami sang arwana jantan tidak banyak yang terbuang.

Pada proses alami pengeraman telur oleh sang jantan yang memerlukan waktu yang cukup lama membuat penjagaan ekstra bagi sang ikan arwana jantan dari gangguan perubahan air kolam dan gangguan alam lainnya.Perubahan air kolam karena musim dan faktor lainnya membuat telur yang di erami oleh sang jantan terjadi penurunan jumlah pada saat telur sudah menjadi anak ikan yang sudah dapat berenang.

Penetasan telur arwana menggunakan methode putar telur dapat memaksimalkan jumlah telur yang menjadi anak ikan arwana,di samping itu akan memperingan kerja berat sang arwana jantan dalam mengerami telur bahkan memungkinkan sang jantan segera mengambil telur untuk di erami dari induk ikan yang bukan pasangan tetapnya.

Postingan kali ini akan membahas bagai mana cara membuat alat putar telur ikan arwana merah jenis box 
1. Siapkan box kaca ukuran 25cm x 25cm x 25 cm (atas dan bawah tidak ada)

2.paralon 1/2 inch potong 4 buah ,buat  seperti gambar di bawah ini dengan di beri L  untuk sambungannya  ukuran setelah bentuk persegi 25cmx25cm sesuai ukuran box  kaca yang di buat.

3.lubangi masing masing paralon sejajar dengan  jarak 1 cm  antar lubang posisi tengah pada paralon.gunakan mata bor kecil untuk melubangi paralon tersebut.
Setelah semua selesai masukan box dan rangkaian paralon tersebut kedalam aquarium serta peralatan lainnya heater dan submersible pump ,pasang seperti gambar di bawah ini.

Isi air aquarium pada ketinggian setengah box putar telur.Nyalakan submersible pump dan heater atur heater pada suhu 30 Derajat celcius tunggu beberapa saat.

Masukan telur ikan arwana yang sudah di erami sang ikan arwana jantan minimal sudah 8 hari di dalam mulutnya(pada umur 8 hari biasanya pada telur terdapat garis berwarna kemerahan )
Telur akan terlihat berkumpul di tengah dan berputar searah jarum jam secara perlahan.Atur setelan arus masuk ke paralon di submersible pump.Atur sedemikian rupa agar kumpulan telur tersebut berkumpul di tengah dan berputar secara perlahan serta stabil.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post