-->

Sunday, December 31, 2017

Sarang Belum Selesai Walet kabur

Ada saja masalah yang di hadapi dalam rumah walet,dari walet hanya keluar masuk ruangan(walettidak mau menetap),walet tidak mau berkunjung dan lain sebagainya.Akan tetapi itulah resiko sebuah usaha yang tetap harus kita atasi masalahnya dengan sabar tanpa mengenal putus asa.

Dari sekian masalah yang kita temui pada rumah walet ada satu masalah yang cukup serius jika tidak  segera di tangani yaitu walet kabur meninggalkan bakal sarang.

Postingan kali ini mencoba mengupas cara mengatasi walet kabur sebelum selesai membuat sarang.Seperti naluri burung lain jika akan  membuat sarang akan mencari tempat yang aman,begitu juga burung walet.Jika dirasa tempat aman maka di tempat itu juga membuat sarang begitu juga jika masa pembuatan sarang sang walet merasa tidak aman maka dia akan mencari lagi tempat yang benar benar aman.

Rasa aman dan nyaman di dalam ruangan sebuah rumah walet sangat mempengaruhi proses pembuatan sarangnya apalagi walet yang belum lama menginap pada ruangan rumah walet.
Berikut beberapa sebab  kenapa walet kabur saat sarang yang di buatnya belum selesai.

1. Ada Hewan pengganggu di dalam ruangan rumah walet Saat walet sedang bekerja membuat sarang Kehadiran hewan pengganggu seperti tikus,tokek ,dsb akan membuat beberapa walet takut.terutama walet yang baru saja beradaptasi (masih baru berada pada ruangan rumah walet ) ,sangatlah sensitif terhadap kehadiran hewan lain di ruangan tersebut.

2. Kondisi ruangan rumah walet,Saat kemarau datang tentu saja cuaca menjadi panas otomatis suhu dalam ruangan rumah walet juga naik.Keadaan seperti ini haruslah segera kita antisipasi agar suhu dalam ruangan tetap stabil dan standar.Naiknya suhu ruangan rumah walet juga menjadi faktor penyebab kaburnya walet yang sedang membuat sarang.

3. Bau yang menyengat di dalam ruangan rumah walet.Bau yang menyengat juga dapat menjadi penyebab walet yang sedang membuat satang kabur.Penyebab bau menyengat kadang kadang tercipta dari pakan pemancing serangga oleh karena itu jika rumah walet menggunakan pakan tersebut  di atas sebaiknya selalu di kontrol kondisi pakan pemancing serangga itu,agar terhindar dari bau menyengat yang berasal dari pemancing serangga  tersebut.

4. Suara inap walet sering mati,beberapa sumber menyatakan bahwa suara walet sering mati dalam waktu cukup lama dapat membuat walet yang sudah menginap kabur dan pindah termasuk walet yang sedang membuat sarang.Oleh karena itu selalu monitor perangkat audio di rumah walet .
Itulah beberapa faktor penyebab walet yang sedang membuat sarang kabur, dan pindah ke tempat lain.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post