-->

Monday, January 15, 2018

Kenapa ikan arwana merah belum berproduksi

Membudidayakan ikan arwana merah di kolam memerlukan perhatian cukup extra dalam hal pemeliharaan banyak hal yang harus selalu jaga mulai dari keasaman air kolam atau PH,pemberian makan yang teratur,kondisi ketinggian air kolam juga selalu tekun memonitoring prilaku ikan arwana merah itu sendiri baik yang betina ataupun yang jantan.
Kesemua hal tersebut di atas merupakan faktor kesuksesan dalam membudidayakan ikan arwana merah di sebuah kolam.
Postingan kali ini penulis mencoba membahas kenapa ikan betina arwana merah belum mau bertelur.

1.ikan betina arwana merah belum cukup umur.
Umur ikan arwana merah betina sangat menentukan cepat tidaknya sang betina memproduksi telurnya,biasanya ikan arwana merah betina mulai ber telur ketika berumur di atas 3 tahun ke atas.

2.Faktor pakan
Pakan juga menentukan cepat tidaknya arwana merah betina bertelur,kurangnya pemberian pakan menyebabkan ikan betina arwana merah memproduksi telurnya.Oleh sebab itu pemberian makan yang teratur dan kontineu hendaklah kita lakukan agar budidaya ikan jenis ini sukses.Pemberian pakan yang berlebihan juga dapat memperlambat produksi telur pada ikan  betina arwana merah .Dari beberapa sumber menyebutkan pemberian makan ikan arwana di kolam budidaya di lakukan 3 hari 1 kali.

3.Kondisi air kolam.
Kolam arwana yang berisi air tidak bersih dan sesuai juga memperlambat proses produksi telur ikan betina arwana merah.pergantian air kolam yang jarang dilakukan membuat Air kolam meningkat tingkat basa nya (pH naik) akibat banyaknya kotoran kotoran ikan yang mengendap di dasar kolam.
Kondisi air yang seperti diatas juga dapat mengakibatkan ikan arwana merah rentan terhadap penyakit,seoerti jamur dan kutu..Pergantian air kolam yang di lakukan secara berkala sangat mempengaruhi ikan arwana merah betina memproduksi telurnya.

Itulah beberapa sebab kenapa ikan betina arwana merah yang kita budidaya di kolam belum mau memproduksi telur atau jarang memproduksi telur ,semoga postingan ini bermanfaat.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post