-->

Sunday, April 22, 2018

Merangsang ikan arwana merah agar cepat bertelur

Cepatnya ikan arwana merah betina bertelur tentunya menjadi dambaan dan harapan bagi petani ikan arwana merah.Pada postingan kali ini rumahwalet akan membagikan sebuah tips bagaimana caranya agar ikan arwana merah betina cepat memproduksi telur.

Ikan arwana merah betina akan memproduksi telur di pengaruhi oleh umur dan kondisi kesehatan ikan.biasanya jika ikan dalam kondisi sehat dengan air kolam ya g terjamin mutunya ikan betina arwana merah akan memulai memproduksi telur pada umur 3,5 tahun keatas.Berikut beberapa cara yang di lakukan agar ikan arwana betina yang sudah berumur 3,5 tahun ke atas cepat memproduksi telur.

1. Variasi pakan yang di berikan
Pemberian pakan yang bervariasi jenisnya mempengaruhi cepat tidaknya ikan arwana betina memproduksi telur.Jenis pakan yang digunakan yaitu katak dan belut ,ikan kecil dan udang.
Berikan pakan katak dan 2 hari kemudian berikan pakan belut dan seterusnya selama 2 minggu,setelah itu beri pakan ikan kecil atau udang  dalam minggu ketiga dan kembali pada pakan awal katak dan belut dan seterusnya.Pemberian pakan haruslah teratur dan terjadwal.
Pakan yang di berikan harus dalam kondisi bersih .Pada pakan pemberian pakan dengan belut buanglah tulang belakang belut tersebut.Cuci katak sebelum di berikan pada ikan arwana merah.
2.Air kolam
Pergantian airkolam harus sering dilakukan ,pastikan air di bagian dasar kolam yang di buang saat pergantian air.Air di bagian dasar kolam yang bercampur dengan sisa makanan dan kotoran ikan haruslah selalu terbuang ketika kita melakukan pergantian air kolam.Lakukan pergantian air minimal 3 hari sekali dengan prosentase pergantian 30 %-60%.(air masuk dan yang terbuang dari volume air kolam).Berikan Efektif mikroorganisme 4 (EM-4) Khusus tambak setiap 1 bulan sekali setelah pergantian air kolam.Fungsi dari  Em-4 ini dapat anda baca di sini.

Kedua cara tersebut diatas telah di terapkan langsung oleh penulis dengan hasil memuaskan terbukti setiap 4 bulan ikan arwana betina memasuki masa pemijahan,artinya jika kedua tips di atas di lakukan secara rutin dan teliti dalam 1 tahun ikan arwana di kolam memijah 3 x dalam 1 tahun.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post